Pemkab Tebo Gelar Sidak Sarden Mengandung Cacing, ini Hasil Temuanya !

Polrestebo.jambi.polri.go.id, Tebo – Beredarnya video tentang pengungkapan adanya cacing parasit yang terkandung dalam sebuah produk makanan Sarden beberapa waktu ini, membuat resah masyarakat. Hal ini juga dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Tebo yang mengeluhkan beredarnya video tersebut.

Hal ini langsung mendapat respon positif dari beberapa instansi terkait. Dimana beberapa hari sebelumnya sempat terbit surat edaran dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jambi dengan No. S. 676/DISPERINDAG. 5.1/Ini/ 2018 tentabg temuan cacing parasit dalam ikan sarden.

Menindak lanjuti surat edaran tersebut, Pemkab Tebo yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Tebo Syahlan Arpan, SH didampingi oleh Asisten III Supadi, Kabid Perdagangan Edi Sofyan, Kasat Intel Polres Tebo Iptu Hariyanto, Kapolsek Tebo Tengah Iptu Gazali, Kabid Sumber Daya Kesehatan (SDK), Kabag Ekonomi, Setda Tebo, Staf Hukum Setda Tebo dan Pol PP melakukan sidak dan pengecekan langsung ke beberapa minimarket yang ada di Kabupaten Tebo, Kamis (5/4/18).

Dalam sidak ini, ada bebedapa produk makanan ikan sarden uang menjadi sasaran pengecekan. Seperti Sarden merek ABC, ABT, Ayam Brand, Botan, CIP, Dogwon, DR Fish, Famerjack, Fiesta, Seafood, Gaga, Hosen, IO, Kings s Fister, Jojo LSC, Maya, Nago, Naraya, Pesca, Pong Sung, Pronas, Ranesa, S and W, Sempio, TLC dan TSC. Hal ini berdasarkan dari surat edaran dari temuan BPOM RI tentang jenis ikan kemasan sarden yang mengandung cacing parasit.

Saat dikonfirmasi langsung Wakil Bupati Tebo Syahlan Arfan, SH mengatakan, sidak dan pengecekan yang dilakukan disejumlah minimarket ini dilakukan untuk menindak lanjuti edaran dari Disperindag Prov Jambi.

“Kegiatan ini untuk memastikan jika 26 merek ikan sarden kaleng yang dilarang oleh BPOM RI tidak dijual lagi,”ungkap Wabup Sahlan.

Selain itu, pihaknya sangat menyayangkan masih adanya minimarket yang menjual ikan kaleng yang mengandung cacing parasit tersebut.

“Saya tegaskan kepada seluruh minimarket dan toko lain untuk tidak menjual ikan kaleng yang dilaranf pemerintah karena setelah di uji mengandung cacing parasit, jika masih ada yang kedapatan menjual Pemkab Tebo akan mengambil tindakan tegas,”tegas Wabup.

Hal senada juga di ungkapkan Kapolsek Tebo Tengah Iptu Gazali. Pihaknya juga membeberkan hasil temuan dari kegiatan sidak tersebut.

“Dari banyaknya Minimarket yang kita sidak, ditemukan minimarket Indomaret dan Alfamart ada menjual 4 jenis ikan sarden yang dilarang BPOM RI seperti Gaga, ABC, Maya dan King S Fisher. Selanjutnya kita menyita beberapa sample dan meminta pihak distributor agar tidak menjual kembali,”tutup Kapolsek.

Publish : DSM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *