Kapolres Tebo Pimpin Konferensi Pers dalam Ungkap Kasus Karhutla

Polrestebo.jambi.polri.go.id, Tebo – Polres Tebo menggelar Konferensi Pers terkait dalam keberhasilan pengungkapan beberapa kasus. Digelar di Mako Polres Tebo, Kapolres langsung memimpin kegiatan Konferensi Pers ini dalam kasus Karhutla, Illegal Loging, Curanmor dan Narkoba, Senin (19/8).

Dihadapan sejumlah wartawan, Kapolres Tebo, AKBP Zainal Arrahman mengatakan ada tiga tersangka yang telah diamankan pada kasus Karhutla tersebut.

Ketiga tersangka yakni Albert Simbolon (65) warga Rt.19 Desa Suo suo Kecamatan Sumay Kabupaten Tebo. Dia diamankan saat Tim melaksanakan patroli di seputaran dusun Manggatal desa tersebut, Selasa (13/8) kemarin. Saat itu, tersangka Albert Simbolon tengah berjalan dari lokasi lahan yang terbakar menuju pondok. Saat dihampiri dsn ditanya petugas, tersangka mengaku dia yang telah membakar lahan tersebut.

Dihari yang sama, polisi juga menangkap Mulyono (51) warga Rt.19 Desa Suo Suo Kecamatan Sumay Kabupaten Tebo. Tersangka ditangkap Tim Patroli saat berusaha memadamkan api bersama 3 orang rekannya di kebun milik dia.

“Dua tersangka ini kita tangkap di lokasi kejadian namum berbeda Tkp, “kata Kapolres Tebo.

Selanjutnya, polisi menangkap Krispati Giawa (32) pada Kamis (25/8) kemarin. Tersangka asal Nias ini ditangkap di lahan yang berada di koridor Rt.15 Desa Suo-Suo Kecamatan Sumay. “Tersangka ini kita tangkap saat duduk-duduk menjaga api di kebun miliknya,”kata Kapolres lagi.

Dari tangan ketiga tersangka, polisi mengamankan sejumlah barang bukti berupa manchis, kayu sisa bakaran, parang, galon air minum, cangkul dan beberapa batang bibit kelapangan sawit. “Keterangan tersangka, mereka sengaja membakar lahan. Tujuannya untuk membersihkan lahah yang nantinya akan ditanami kelapa sawit, “ujar Kapolres.

Atas perbuatannya, ketiga pelaku dikenakan Pasal 78 ayat 3 jo pasal 50 ayat 3 huruf d UU RI Nomor 41 Tahun 1999 tentanwg Kehutanan dan/atau pasal 108 jo pasal 56 ayat 1 UU RI Nomor 39 Tahun 2014 Tentang Perkebunan dan/atau pasal 92 ayat 1 huruf a jo pasal 17 ayat 2 huruf b UU RI no 18 tahun 2013 Tentang P3H.

” Untuk Tsk dan BB sudah kita amankan di Polres Tebo untuk ditindaklanjuti,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *