Wilayah Hukum

Pembagian wilayah

Tebo Tengah yang beribukota di Muara Tebo
Rimbo Bujang yang beribukota di Wiroto Agung
Rimbo Ilir yang beribukota di Karang Dadi
Rimbo Ulu yang beribukota di Suka Damai
VII Koto yang beribukota di Sungai Abang
VII Koto Ilir yang beribukota di Balai Rajo
Sumay yang beribukota di Teluk Singkawang
Serai Serumpun yang beribukota di Sekutur Jaya
Tengah Ilir yang beribukota di Mengupeh
Tebo Ulu yang beribukota di Pulau Temiang
Tebo Ilir yang beribukota di Sungai Bengkal
Muara Tabir yang beribukota di Pintas Tuo

Kota Muara Tebo

Muara Tebo merupakan ibukota Kabupaten Tebo akan dinaikkan menjadi kotamadya. Sementara kecamatan Muara Tebo yang beribukota di Listrik akan menjadi ibukota dari Kabupaten Tebo, Kecamatan yang mungkin bergabung ke dalam kota ini meliputi :

Tebo Tengah
VII Koto Ilir
Muara Tabir
Tebo Ulu
VII Koto Ulu
Tebo Iliir

Kabupaten Ini Memiliki 5 Kelurahan Yaitu : – Untuk Kecamatan Tebo Tengah Memiliki 2 Kelurahan Yaitu A.Kelurahan Tebing Tinggi B.Kelurahan Pasar Muara Tebo – Untuk Kecamatan Tebo Ilir Memiliki 1 Kelurahan Yaitu: A. Kelurahn Sungai Bengkal – Untuk Kecamatan Tebo Ulu Memiliki 1 Kelurahan Yaitu : A. Kelurahan Pulau Temiang – Untuk Kecamatan Rimbo Bujang Memiliki 1 Kelurahan Yaitu : A. Kelurahan wirotho agung

Sedangkan kecamatan yang baru dalam perencanaan adalah Kecamatan Muara Tebo yang berpusat di Kota Muara Tebo tersebut. Sekarang pembangunan di Kota Muara Tebo mulai digalakkan, termasuk infrastruktur jalan ke Kecamatan Rimbo Bujang, Rimbo Ilir dan Rimbo Ulu dengan tujuan laju ekonomi ke kota Muara Tebo dan tidak lagi ke Muara Bungo yang adalah ibukota kabupaten tetangga. Alasan lain adalah karena tiga kecamatan tersebut adalah kecamatan yang paling maju dan pendapatan masyarakat yang lebih tinggi dibanding kecamatan-kecamatan lainnya.

Kabupaten Tebo selama dipimpin oleh Drs. H.A. Madjid Mu’az, MM. mengutamakan pembangunan infrastruktur. Pada saat ini di Kecamatan Rimbo Bujang telah memiliki Terminal Bus yang dapat melayani akses transportasi langsung ke Pulau Jawa. Untuk kelancaran transportasi dilaksanakan pembangunan dan pelebaran jalan yang menghubungkan kecamatan dalam Kabupaten Tebo.

Ada banyak potensi pariwisata di Kabupaten Tebo, di antaranya adalah Danau Sigombak yang terletak di Desa Teluk Kembang Jambu, Kecamatan Tebo Ulu. Potensi lain adalah kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) yang menjanjikan wisata petualangan yang bernuansa off road dan susur sungai yang menjanjikan keindahan yang eksotis alami Kabupaten Tebo.

Adapun untuk perekonomian Kabupaten Tebo Bersumber Pada perkebunan Sawit, Karet di dukung Oleh pertambangan baik itu Batu Bara, Minyak Bumi dan Tambang emas tetapi masih dalam skala kecil. daerah ini kaya akan sumber daya alam dan bisa di jadikan daerah perikanan tawar karena diLewati oleh sungai terbesar di Provinsi Jambi yaitu Sungai Batanghari serta merupakan daerah rawa dataran rendah.Kabupaten Tebo Memiliki penduduk sejumlah ± 224.944 jiwa dengan 75 % adalah petani. Memiliki 1 Buah Pusat Kesehatan yaitu Rumah sakit Umum Daerah Sultan Thaha Syariffudin, dibantu oleh 12 Pusat kesehatan Masyarakat (PKM) di 12 kecamatannya.