Polisi Ingatkan Warga Jangan Membakas Sampah Sembarangan

Polrestebo.jambi.polri.go.id-Rimbobujang, Geger warga Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang melihat adanya api berkobar membumbung diatas loteng ruko milik M. Husni (37) th pemilik Optik Kaca Mata Mitra Abadi Jl Pahlawan Poros Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo, kemarin malam. Warga berbondong-bondong menuju lokasi dan melihat api diatas loteng. Ternyata diketahui sumber api berasal dari sampah yang dibakar diatas loteng oleh pemiliknya. Diketahui mobil unit Damkar Rimbo Bujang sempat bergeser menuju ke Tkp namun urung berangkat karena api sudah dipadamkan.

Bhabinkamtibmas Brigpol Roy Situmorang didampingi Kasipemtrantibum Kelurahan Wirotho Agung mendatangi pemilik ruko Optik Kaca Mata Mitra Abadi Jl Pahlawan Poros Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang langsung menegur dan memberikan saran agar jangan membakar sampah disembarangan tempat, karena dapat mengakibatkan hal yang fatal seperti kebaran lingkungan.

“Kami ingatkan kepada seluruh warga masyarkat agar tidak membakar sampah disembarang tempat karena dapat menimbutkan kebaran lingkungan dan mengakibatkan kerugian harta benda maupun jiwa manusia,”tegas Brigpol Roy Situmorang.

Ditambahkan Brigpol Roy Situmorang selain kebakaran rumah hal paling ditekankan kepada masyarkat dan yang menjadi perhatian serius pemerintah adalah masyalah kebakaran hutan dan lahan(karhutla).

“Pelaku pembakar hutan dan lahan (Karhutla) dapat dikenakan sangsi hukuman kurungan penjara dan denda uang,”ibuh Bhabinkamtibmas Roy.

Hal senada disampaikan juga oleh Kasipemtrantibum Amir Said pihaknya mewanti-wanti kepada masyarkat agar berhati-hati dalam menggunakan arus listrik, kompor minyak, kompor gas dan lainya terlebih jangan membakar sampah disembarang tempat.

“Kita himbau kepada warga masyarkat sebelum meninggalkan rumah pastikan rumah dalam keadaan aman dan terkunci dengan baik, terlebih alat elektronik juga tidak dalam keadaan hidup ketika rumah dalam keadaan kosong,”papar Amir Said.

Ditempat terpisah Selamet petugas Dampat Unit Rimbo Bujang mengatakan, pada umumnya pemicu timbulkan kebaran akibat kelalaian manusia itu sendiri, dari membakar sampah sembarangan maupun terjadinya korsleting arus pendek listrik, seperti kejadian baru-baru ini dapur milik Neli warga Jl Sultan Taha Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang yang diduga dipiju terjadinya korsleting listrik membakar dapur miliknya, namun mobil unit Damkar Rimbo Bujang sempat memadamkan kobaran api tersebut dan kerugian harta benda akibat kebaran tersebut ditaksir sekitar Depan Juta Rupiah.

“Kami tetap mengingatkan dan menghimbau warga masyarkat supaya lebih berhati-hati dalam mengunakan listrik maupun membakar sampah jangan sembarang tempat. Apakah itu disekitar rumah maupun diperkebunan, kesemuanya itu dalam rangka safety dilingkungan rumah dan masyarkat,”tutup Selamet.

Penulis   : Roy

Publishb : Dian SM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *