Operasi Patuh 2019 di Tebo Berakhir, 1142 Kendaraan Ditilang

Polrestebo.jambi.polri.go.id, Tebo – Tepat pukul 00.00 Wib pada Rabu (11/9) kemarin, telah dinyatakan berakhirnya pelaksanaan Operasi Patuh 2019. Dari catatan Sat Lantas Polres Tebo, terilisi data tilang sebanyak 1142 buah baik penilangan terhadap kendaraan Roda 2 maupun roda 4 serta kendaraan roda 6, Kamis (12/9).

Jika dibandingkan dari tahun sebelumnya, jumlah penegakkan hukum yang dilakukan petugas terhadap para pelanggar lalu lintas naik sekitar 1009 tilang dari yang sebelumnya hanya 52 tilang. Sedangkan untuk data Kecelakaan juga mengalami kenaikan sekitar 3 kejadian.

Selama pelaksanaan Operasi Patuhn2019, Satlantas Polres menindak pelanggaran kendaraan roda dua sebanyak 945 terjaring, sedangkan untuk mobil penumpang maupun mobil barang sebanyak 198 pelanggaran. Hal ini sejalan dengan prinsip dasar pelaksanaan operasi ini yang mengedepankan penegakkan hukum .

Hal ini dibenarkan oleh Kasat Lantas Polres Tebo Akp Ayani, S.I.K saat dikonfirmasi. Pihaknya menyebutkan bahwa pelaksanaan operasi Patuh kali ini ia benar-benar memaksimalkan kegiatan dengan mengutamakan penegakkan hukum khususnya bagi para pelanggar.

“Selama 14 hari menggelar operasi patuh, kita menindaki pelanggaran lalu lintas sebanyak 1143 kasus baik itu kendaraan roda dua dan empat,” ujar Kasat Lantas Polres Tebo, AKP Ayani.

Kasat juga menjelaskan bahwa target pelanggaran yang diincar selama operasi patuh yaitu pelanggaran Administrasi, muatan lebih, melawan arus, tidak memakai helm, baik pelanggaran lainnya. Hal ini dilakukan untuk menekan angka kecelakaan lalulintas saat berkendaraan.
Saat ditanya terkait denda tilang yang akan dibayar oleh pelanggar lalulintas, Kasat menerangkan untuk roda dua dikenakan tarif sebesar 75 ribu, sedangkan untuk roda empat seperti mobil penumpang dan barang sebesar 120 ribu per pasal pelanggaran.
“Kendaraan nya kita tilang dan mereka (pelanggar) akan membayar denda tilang sebesar 75 ribu untuk roda dua dan 120 ribu kendaraan roda empat per pasal,” pungkas kasat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *