Motor Bhabinkamtibmas “Disulap” Jadi Mesin Penyemprot Disinfektan

polrestebo.jambi.polti.go.id, Tebo  – Sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona, Bripka Fakhrin Ilham anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Landasan Ulin Utara, Polres Banjarbaru, Polda Kalimantan Selatan, “menyulap” motor patroli menjadi mesin penyemprot cairan disinfektan.

Ide kreatif itu muncul setelah Bripka Fakhrin Ilham melihat banyak kawasan di wilayah binaannya yang tak bisa dijangkau mobil besar dalam penyemprotan disinfektan guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Alhamdulilah setelah dimodifikasi, kendaraan patroli yang sehari-hari saya gunakan kini bisa difungsikan untuk melakukan penyemprotan,” terangnya, Minggu (05/04/2020).

Pembuatan mesin pompa itupun terbilang cukup sederhana. Bripka Fakhrin Ilham hanya mengalihkan aliran gas di mesin motor yang berputar ke selang untuk penyemprotan dan juga ke arah dua jeriken berisi cairan disinfektan kapasitas masing-masing 30 liter.

Cara kerjanya, derasnya air yang disemprotkan bergantung tingkat kecepatan gas yang ditarik pada motor.

“Dua jeriken ini cukup melakukan penyemprotan di satu lingkungan sekolah. Jika habis, tinggal saya isi lagi untuk melanjutkan penyemprotan,” jelas polisi yang berdinas di Polsek Banjarbaru Barat itu.

Bersama anggota Babinsa dan aparat Kelurahan Landasan Ulin Utara, Bripka Fakhrin Ilham berkeliling wilayahnya melakukan penyemprotan disinfektan. Selain itu, Bripka Fakhrin Ilham juga mengedukasi masyarakat wilayah binaannya agar senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan, sehingga terhindar dari paparan virus corona. Kemudian mengingatkan warga  agar tak berkumpul dan tinggal di rumah sementara wabah penyakit ini masih terjadi. Sementara Kapolres Banjarbaru, AKBP Doni Hadi Santoso mengapresiasi inovasi kreatif dari anggotanya tersebut.

Menurut Kapolres Banjarbaru, Bhabinkamtibmas memang menjadi garda terdepan dalam memberikan edukasi ke masyarakat dalam pencegahan penyebaran virus corona.

publish : DSM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *