KPUD Tebo Akan Gelar Pemilihan Ulang di TPS 6 Balai Rajo

Polrestebo.jambi.polri.go.id, Tebo – Sekitar Sabtu (20/4) pukul 15.30 Wib Komisi Pemilihan Umum Kabupaten menerima surat dari Bawaslu no 83 tentang pemungutan suara ulang (PSU).

Dari data yang diperoleh, keluarnya surat ini berdasarkan rekomendasi Ketua Panwas Kecamatan VII Koto Ilir dengan no 20 dengan perihal rekomendasi (PSU) pada TPS 6 Desa Balai Rajo Kec. VII Koto Ilir Kabupaten Tebo.

Dari hasil penelitian panwas ada 3 warga diluar Kabupaten Tebo mendapat Hak pilih diantaranya HM (inisial) warga Kecamatan Sunggal Kab. Deli Serdang Prov Sumatra Utara, HY warga payl lebar Kec. Jelutung Kota Jambi dan FR warga Desa Lamo Kec koto VII Kabupaten Sejunjung Provinsi Sumatra Barat.

Alasan Panwas Kecamatan VII Koto Ilir merekomendasikan Pemilihan ulang karena ketiga warga tersebut tidak memiliki KTP-EL sesuai alamat TPS tempat menggunakan Hak Pilih serta tidak terdaftar di pemilih tetap dan daftar pemilih tambahan. Terkait hal itu, Panwas Kec VII Koto Ilir meminta PPK agar melaksanakan pemilihan ulang pada TPS 6 Desq Balai Rajo.

Menanggapi hal tersebut, pihak KPUD Tebo di pimpin ketua KPU H. Basri, S.Ag, M. SI memimpin rapat di ikuti oleh para komisioner KPU. Dari rapat tersebut KPU Kabupaten Tebo akan melaksanakan pemilihan suara ulang di TPS 6 Desa Balai Rajo sesuai ketentuan pasal 65, 66, 67, 68, 70, 71, PKPU Nomor 3aa×× tahun 2019. Selanjutnya KPU melaporkan ke KPU Provinsi dan menetapkan kebutuhan logistik untuk keperluan pemungutan suara ulang.

Terkait rekomendasi PSU tersebut, Ketua KPU Tebo, Basri membenarkan hal tersebut.

“Benar kita mendapatkan rekomendasi dari Bawaslu Tebo untuk melaksanakan PSU di TPS 6 Desa Balai Rajo Kecamatan VII Koto Ilir,” ujar Basri.

Basri mengatakan bahwa KPU Kabupaten Tebo belum menjadwalkan kapan pelaksanaan PSU di TPS tersebut. “Mengenai kapan pelaksanaan PSU nya belum kita jadwalkan, baru hari ini untuk membahasnya dengan PPS dan PPK, serta melihat ketersediaan logistiknya,” katanya lagi.

Dari Pihak Polres Tebo, Kabag Ops Polres Tebo Kompol H. Abd. Roni ikut membenarkan. Disinggung kapan melaksanakan pengamanan pemilihan ulang surat suara pihaknya mengatakan masih menunggu keputusan dari KPUD Tebo.

“Dari Rekomendasi piham Panwas yang terakhir, yqng dilaksanakan PSU adalah pemilihan presiden. Saat ini kita mempersiapkan pengamanan PPK sambil menunggu keputusan dari KPU kapan pelaksanaannya,”ujar Kabag Ops.

Pihaknya menambhkan bahwa diperkirakan pelaksanaan pemilihan ulang dilaksanakan setelah lagistik pemilu telah dipenuhi. Namun dalam menunggu tanggal pasti pelaksanaan pihaknya menyiapkan beberapa langkah pengamanan dan mengantisipasi hal – hal yang tidak di inginkan.

“Ini bisa menimbulkan kerawanan, meski yang diulang Pemilihan Presiden, tidak menutup kemungkinan dari pihak tertentu memanfaatkan kesalahan penyelenggara dengan mencari kesalahan sebagai bahan untuk meminta pemungutan suara ulang secara total,”pungkas Kabag Ops.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *