Kasus Penipuan Proyek Fiktif MS Dinyatakan Lengkap Oleh Kejari Tebo

Polrestebo.jambi.polri.go.id-Tebo, Penyidik dari Unit Reskrim Kepolisian Sektor Rimbo Bujang telah melimpahkan Berkas Perkara tersangka penipuan dengan motif pengerjaan proyek, yang berhasil dibekuk di daerah Kabupaten Merangin beberapa waktu yang lalu untuk diserahkan kepada pihak Kejaksaan Negeri Tebo. Berkas Perkara dan tersangka MS diserahkan kepada Kejaksaan Negeri Tebo yang dalam kesempatan kali ini diterima oleh JPU Zainal Mutaqien SH, Senin (17/7/2017).

Dalan perkara penipuan tersebut, Penyidik sebelumnya telah menetapkan dua orang sebagai tersangka yaitu dengan inisial NS warga Jalan 32  Desa Perintis Kecamatan Rimbo Bujang Kabupeten Tebo, kemudian CS warga Desa Tanjung Menanti Kabupaten Bungo, dan selanjutnya terakhir MS yang diketahui berdomisili di Jalan Padang lamo Dusun Bulian Raya Desa Sungai Rambai Kecamatan Tebo Ulu Kabupaten Tebo namun dirinya merupakan warga pendatang dari daerah Pamenang Kabupaten Merangin dan akhirnya MS juga ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus yang sama.

Informasi diperoleh menyebutkan kasus yang melibatkan ketiga orang tersangka itu terungkap setelah Penyidik menerima laporan dari TK warga Jalan 32 Desa Perintis Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo selaku pelapor/korban, pada sekitar awal tahun 2017 lalu. Pasalnya, proyek-proyek yang ditawarkan kepada korban selaku pemodal yaitu proyek Land Clearing dan Embung di daerah Desa Sungai Ruan-Batang Hari sudah jelas tentang keuntungan yang akan diperoleh dan dipastikan dapat dikerjakan oleh ketiga orang tersangka, namun belakangan kegiatan itu diketahui fiktif atau tidak dikerjakan oleh para tersangka.

Guna melancarkan aksinya MS menyuruh CS untuk mencari pemodal dalam pembiayaan proyek Land Clearing dan Embung, selanjutnya CS bersama dengan NS menemui korban di rumahnya dengan memberikan gambaran tentang keuntungan dan proses pengerjaan proyek tersebut dapat dikerjakan dengan segera, yang nantinya korban selaku pemodal akan mendapatkan keuntungan sebesar 40 % dari keuntungan hasil proyek, selain itu modal yang telah dikeluarkan oleh korban nantinya akan kembali.

Kanit Reskrim Ipda Irvan Pane S.Sos pada media Polrestebo.jambi.polri.go.id membenarkan bahwa unit reskrim Polsek Rimbo Bujang telah menyerahkan berkas perkara MS telah dinyatakan lengkap atau P-21 oleh Kejaksaan Negri Tebo.

“Berkas beserta barang bukti sudah kita serahkan, yang selanjutnya akan disidangkan di Pengadilan Negeri Tebo untuk mendapatkan kepastian hukum dan Tersangka disangkakan dengan Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman kurungan paling lama 4 tahun.”papar Kanit Reskrim.

Modusnya cukup cantik berbekal rasa percaya dan yakin dengan semua perkataan para tersangka yang menjanjikan mendapat keuntungan dan modal akan kembali tersebut, maka korban telah menyerahkan sejumlah uang kepada para tersangka dengan total keseluruhannya sekitar Rp. 169.650.000,-.

Kecurigaan timbul ketika MS sulit ditemui dan berdalih kalau proyek belum dapat dikerjakan dengan alasan sungai sedang banjir, selain itu alasannya bahwa proyek itu nanti kalau dikerjakan akan merugi, namun saat korban meminta kembali uang yang telah diserahkan kemudian para tersangka selalu banyak alasan.

Ditempat berbeda Bripka Edi Sumarwan selaku penyidik pembntu menambahkan, Berdasarkan pengakuan para tersangka bahwa sejumlah uang yang telah diterima dari korban tersebut telah dipergunakan untuk kepentingan pribadinya masing-masing, NS dan CS menyebutkan bahwa uang itu sudah habis sebagian untuk membayar hotel dan kos di Jambi dan sebagian untuk diberikan kepada istrinya, namun alasan tersangka MS menyebutkan bahwa uang itu sudah habis untuk mengerjakan proyek pribadinya sendiri di daerah Bandara-Jambi namun akhirnya bangkrut dan uangnya habis.

“Menghimbau kepada warga masyarakat Kabupaten Tebo khusunya di Kecamatan Rimbo Bujang agar berhati-hati mengingat saat sekarang ini sangat marak modus penipuan. Informasi akurat sangat penting dalam menetukan langkah kita selanjutnya,”himbau Bripka Edi Sumarwan.

Penulis  : Roy

Publish  : Dian SM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *