Kapolres Tebo Mediasi Persengketaan PT WKS dengan Masyarakat

polrestebo.jambi.polri.go.id, Tebo – Hari, Rabu (15/4) sejumlah pihak yang terdiri dari kelompok tani (KT) dan organisasi masyarakat sipil duduk bersama di Polres Tebo untuk membahas persoalan yang tengah terjadi antara perusahaan dengan masyarakat.

Merujuk berita acara hasil pertemuan yang difasilitasi Polres Tebo diketahui ada 4 poin yang dihasilkan. Pertama, Pihak perusahaan maupun kelompok tani sepakat untuk bersama-sama menahan diri sehubungan dengan merebaknya wabah covid-19 di Kab. Tebo yaitu kelompok tani dan perusahaan sepakat tidak saling mengganggu areal yang menjadi garapannya masing-masing.

Kedua, PT WKS mengevaluasi kembali penyemprotan zat kimia herbisida menggunakan drone di lahan konsesi dengan memperhatikan keamanan masyarakat sekitar.

Ketiga, Bila ada masyarakat yang menanam di lahan yang telah di garap PT WKS agar PT WKS melaporkan ke ketua kelompok tani dan kepala desa, dan apabila tidak ditanggapi agar berkordinasi dengan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi Jambi), Perkumpulan Reforma Agraria (Prana) maupun Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) selaku penghubung antara pihak perusahaan dengan PT. WKS

Keempat, Jika di point ke-3 tetap tidak ada penyelesaian pihak PT WKS atau masyarakat berhak melaporkan kejadian penyerobotan tersebut kepada pihak kepolisian.

Berita acara ini ditandatagani oleh kelompok Tani (KT) Mandiri, KT Sekato Jayo, KT Sungai Landai Bersatu, Prana, Walhi Jambi, KPA Jambi, PT WKS, Serta Kapolres Tebo dan Kades Lubuk Mandarsah sebagai pihak yang mengetahui.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Tebo AKBP Abdul jafidz, S.I.K, M.Si bersama Wakapolres Tebo Kompol Mamit Suargi, S.Pd, bersama Kasat Reskrim Polres Tebo Akp Riedho Syawaluddin, S.I.K, Kasat Intelkam, personil Polsek Tengah Ilir dan para pihak terkait lainnya.

Kapolres Tebo saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Pihaknya menyebutkan kegiatan ini sebagai upaya Polres Tebo dalam membantu penyelesaian dan persengketaan antara pihak Perusahaan dan Masyarakat sekitar.

“Kami hanya me mediasi, agar masalah ini bisa terselesaikan dengan baik tanpa berbuntut panjang di kemudian hari. Semua pihak berkumpul disini dan kami harap bisa selesai dengan baik,”pungkas Kapolres Tebo.

Publish : DSM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *