Jelang Natal dan Tahun Baru, Polri Imbau Masyarakat Waspada Peredaran Uang Palsu

polrestebo.jambi.polri.go.id, Jakarta – Aparat kepolisian mengimbau dan mengingatkan kepad seluruh masyarakat agar mewaspadai peredaran uang palsu jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019. Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri Brigjen Pol Tornagogo Sihombing mengatakan, masih terdapat sejumlah home industry uang palsu di beberapa daerah yang berpotensi beroperasi di dua momen tersebut.

Hari Natal dan Tahun Baru itu yang harus diwaspadai, karena di jalan-jalan raya biasanya saat itu ada penukaran uang, yang patut diwaspadai,” terang Brigjen Pol. Tornagogo Sihombing di Bareskrim Polri, Senin (11/11/19).

Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri menjelaskan, peredaran uang palsu saat ini memang terpantau tidak mengalami peningkatan. Produksi pun dilakukan masih dalam skala industri kecil, menggunakan mesin fotokopi. Modus yang dilakukan para pelakunya pun tidak berkembang.

Meski demikian, hal ini tidak boleh mengurangi kewaspadaan. Lulusan Akabri tahun 1990 mengatakan, Polisi telah melakukan pencegahan dan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait, seperti Bank Indonesia. Namun masyarakat juga diminta untuk dapat membedakan antara uang asli dan uang palsu.

Brigjen Pol. Tornagogo Sihombing menjelaskan, belakangan masyarakat telah menggunakan uang nontunai. Hal tersebut menurut jenderal bintang dapat mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya peredaran uang palsu.

“Sekarang kan dengan cara tunai itu mulai dikurangi, semuanya itu kan cashless. Masyarakat sudah meninggalkan pembayaran tunai, terutama menengah ke atas,” tutup Mantan Karowassidik Bareskrim Polri.

Sumber : Tribratanewspolri

Publish : DSM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *