Inilah Sanksi Denda Bagi Pelaku Pembakar Hutan dan Lahan Yang Mencapai Milyaran

Polrestebo.jambi.polri.go.id, Tebo Tengah – Aksi Pencegahan terhadap Karhutla rupanya juga terus digelar oleh personil Polsek Tebo Tengah. Bripka Defri, salah satu Bhabinkamtibmas Polsek Tebo Tengah rutin menggelar sosialisasi. Kali ini ia menggelar kegiatanya di Aburan Seberang Kecamatan Tebo Tengah, Rabu (11/7/18).

Berbeda dengan sebelumnya, aksinya kali ini menggunakan sepeda motor dan patroli jalan kaki menyusuri warga masyarakat yang bertempat tinggal atau beraktivitas di sekitar kawasan di perkebunan Kecamatan Tebo Tengah. selain berkomunikasi langsung dengan warga, aksi sosialisasi ini juga di wujudkan dalam bentuk spanduk himbauan yang di bentangkan di beberapa tempat.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Tebo Tengah Iptu Agung Purwanto mengatakan bahwa kerawananan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di kecamatan Tebo Tengah sangat berpontensi besar. Oleh karena itu ia memerintahkan seluruh anggotanya bersama tiga pilar dan masyarakat yang peduli api terus bergerak melakukan berbagai macam upaya pencegahan.

“Iya kita terus aktifkan Bhabinkamtibmas untuk menggelar sosialisasi pencegahan sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan maksimal dengan menggandeng instansi terkait,”ungkap Kapolsek.

Disamping itu, pihaknya juga berharap atas dukungan masyarakat dalam mencegah adanya Karhutla, sehingga kelestarian dan seisinya dapat terjaga dengan baik.

“Pada akhirnya kami meminta dukungan masyarakat, karena tanpa kerjasama yang baik semuanya tidak bisa berjalan dengan maksimal,”tegas Kapolsek.

Diketahui, larangan membakar hutan dan lahan ini diatur dalam UU No 32 thn 2009 tentang perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (UUPP LH) dan sanksi pidana bagi pelanggar diancam hukuman 15 tahun penjara serta denda hingga Rp 15.000.000.000,00 ( lima belas Miliar Rupiah).

(DH)

Publish : DSM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *