Gelar Forum Komunikasi, Kapolsek Sampaikan Materi Karhutla

Polrestebo.jambi.polri.go.id, VII Koto – Bertempat di Aula Kantor Camat VII Koto digelar kegiatan Forum Komunikasi anatara PT LAJ dengan tokoh masyarakat dan seluruh Kades se Kecamatan VII Koto, Kamis (19/4/18).

Forum diskusi ini mengangkat tema ‘Karhutla dan Sosialisasi Program HTI (Hutan Tanam Industri) karet bersama masyarakat.

Tujuan kegiatan ini bermaksud untuk memperkuat proses dialok antara PT LAJ dengan masyarakat yang ada di Kecamatan VII Koto dengan membahas topik penting dalam hubungan desa sekaligus media distribusi masyarakat Desa tentang program PT. LAJ. Selain itu kegiatan ini juga sebagai sarana untuk menerima masukan atau input dari Desa dan mencari Solusi konstruktif bersama.

Dibuka langsung oleh Alpian Camat VII Koto, kegiatan dilanjutkan penyampaian materi Karhutla oleh Kapolsek VII Koto Akp Firdon Marpaung dan kebijakan pemerintah diwilayah (Kontribusi perusahaan HTI untuk negara dan masyarakat ) yang disampaikan oleh Dishut Tebo yang diwakili oleh KPHP Tebo Joko Sutrisno.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek VII Koto Akp Firdon Marpaung membenarkan hal tersebut. Pihaknya menuturkan bahwa harapan dengan adanya kegiatan ini agar para Kades serta masyarakat dapat memahaki tentang izin konsensi yang telah diberikan pemerintah kepada PT LAJ.

“Disini juga dijelaskan bagi masyarakat yang menggarap lahan dibawah 10 Ha dan telah di garap dengan baik tidak akan diambil alih oleh pihak perusahaan dan akan dilakukan pembinaan,”ungkap Kapolsek.

Lanjut Kapolsek, bahwa pihak perusahaan akan mengambil lahan tidur atau semak belukar yang sebelumnya sudah dikuasai masyarakat dengan memberikan konpensasinya atau ganti rugi yang besaranya telah ditentukan oleh perusahaan.

“Ya kami harap dengan forum ini konflik sosial yang selama ini terjadi antara perusahaan dan masyarakat dapat mereda dan mendapatkan solusi terbaik khususnya bagi masyarakat,”pungkas Kapolsek.

Publish : DSM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *