Call Center 110 Dan Aplikasi Polisi Jambi, Polres Tebo Siap Terima Pengaduan Masyarakat 24 Jam

polrestebo.jambi.polri.go.id, Tebo – Kesigapan dalam memberi pelayanan yang prima kepada masyarakat kini menjadi semangat tersendiri bagi berbagai instansi untuk terus berbenah. Terlebih lagi, di era digital dan arus cepat informasi, dibutuhkan berbagai inovasi atau perubahan agar proses layanan bisa lebih efektif untuk diterima masyarakat. Begitu pun dengan institusi Kepolisian Republik Indonesia atau Polri.

Untuk memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan secara mudah, responsif, dan tidak diskriminatif, Polri pun memiliki layanan Call Center Polri 110. Layanan yang lahir berkat kerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) ini dibentuk untuk memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat terhadap terselenggaranya layanan keamanan publik.

Dalam penyelenggaraan layanan contact center, telah disiapkan sebuah sistem aplikasi yang dapat memungkinkan pencatatan atau perekaman setiap interaksi Polri dan masyarakat sehingga dimungkinkan pengendalian respons kebutuhan masyarakat terhadap Polri.

Sistem tersebut direncanakan akan membuka saluran via telepon, sms, email, fax, dan media sosial yang didukung oleh jaringan Telkom Group di Indonesia.

Masyarakat yang nantinya melakukan panggilan ke nomor akses 110 akan langsung terhubung ke agen yang akan memberikan layanan berupa informasi, pelaporan (kecelakaan, bencana, kerusuhan, dll) serta pengaduan (penghinaan, ancaman, tindak kekerasan dll). Masyarakat bisa menggunakan layanan Contact Center 110 ini 24 jam secara gratis.

Hal ini dibenarkan oleh Kapolres Tebo AKBP Zainal Arrahman, S.I.K saat dikonfirmasi langsung. Pihaknya berharap adanya layanan 24 jam ini dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

“Namun, Kami mengimbau agar layanan 110 ini tidak dibuat main-main karena jika nantinya terjadi seperti itu, pihak Polri tentu akan melacak masyarakat yang membuat laporan bohong,”ungkap Kapolres.

Selain itu, Kapolres Tebo juga menjelaskan untuk Cal Center 110 juga bisa di akses melalui Aplikasi POLISI JAMBI yang ada di Google Playstore  khususnya hp Android. Pada Aplikasi POLISI JAMBI ini tersedia berbagai menu seperti Polda Jambi yang berisi Informasi masing-masing Polres Jajaran, Informasi Publik, Pelayanan Publik seperti SIM dan STNK, Tribratanews yang berisi berita tentang Kepolisian khususnya Polda Jambi dan dibawah ada tombol Call Center 110.

“Pada Aplikasi POLISI JAMBI ini lengkap, ada semua informasi yang dibutuhkan masyarakat. Terlebih bagi masyarakat yang sedang mengalami Kecelakaan, Bencana, Kriminalitas dan lain-lain bisa langsung menghubungi Polisi,”jelas Kapolres.

“Untuk Call Center, kita juga dah siapkan Personil yang mengawaki selama 24 jam secara bergantian, jadi kapanpun dimanapun khususnya warga Kabupaten Tebo butuh bantuan Polisi bisa langsung menghubungi kami di Aplikasi tersebut,”imbuh Kapolres.

Dan berikut tata cara dan proses dalam layanan Cal Center 110 Polri.

Alur Layanan Call Center 110

  1. Masyarakat menelepon ke 110 melalui telepon rumah atau handphone.
  2. Operator akan menerima telepon
  3. Operator akan menginput data penelepon
  4. Operator akan memfilter jenis telepon apakan pengaduan yang valid atau pengaduan tidak valid
  5. Jika pengaduan tidak valid, maka telepon akan diproses di Polda sampai closing
  6. Jika pengaduan valid, telepon akan ditransfer ke Polres
  7. Operator Polres akan menerima telepon
  8. Operator akan menindaklanjuti laporan dari telepon
  9. Operator akan menclosing pengaduan
  10. Jika operator sedang sibuk, maka telepon akan kembali diambil alih operator Polda (lama waktu tunggu misal 3-5 detik)
  11. Operator akan terhubung kembali dengan penelepon untuk closing pengaduan dan akan memberitahukan bahwa pengaduan akan segera diproses dengan Polres terkait.

Publish : DSM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *