Bhabinkamtibmas Polsek Tengah Ilir Rutin Gelar Sosialisasi Karhutla

Polrestebo.jambi.polri.go.id, Tengah Ilir – Upaya Bhabinkamtibmas Polsek Tengah Ilir dalam menggelar sosialisasi mengatisipasi terjadinya Karhutla terus ditingkatkan. Hal ini terlihat dengan adanya kegiatan Bhabinkamtibmas yang menggelar sosiaslisasi cegah karhutla di sejumlah tempat, Selasa (7/8/18).

Dari data yang di peroleh, Brigpol Rifelino Pratama yang merupakan Bhabinkamtibmas Polsek Tengah Ilir menggelar kegiatanya di Desa Penapalan Kec. Tengah Ilir Kab. Tebo. Dalam aksinya ia menggelar sambang sekalgus sosialisasi dalam mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengantisipasi karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan). Dilain tempat kegiatan yang sama juga dilakukan oleh Brigpol Wahid Afriansyah yang menggelar kegiatanya di Dusun Sei Landai Desa Lubuk Mandarsah Kec. Tengah Ilir. Ia menghimbau warganya tentang  larangan membakar hutan dan lahan. Ia juga membeberkan tentang saksi hukum yang akan diterima warga jika melakukan hal tersebut sesuai dengan pasal 187 tentang Barang Siapa dengan Sengaja Melakukan Pembakaran Hutan di Pidana Penjara 12 Tahun.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Tengah Ilir Iptu Ibrahim membenarkan hal tersebut. Pihaknya menyebutkan kegiatan ini dalam rangka mengantisipasi adanya kebakaran hutan dan lahan yang pada saat ini rentan terjadi.

“Selain memberikan dampak negatif dari karhutla para Bhabinkamtibmas juga kami atensi untuk memberikan edukasi tentang hukum pidana yang diterima oleh masyarakat yang kedapatan membakar hutan dan lahan. Hal ini sangat jelas di atur dalam UU No. 32 Tahun 2009 Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Ancam Hukuman 15 Tahun Penjara Denda 15 Milyar. Semoga dengan rutinya kegiatan ini masyarakat jadi lebih tau,”pungkas Kapolsek.

Publish : DSM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *