Bhabinkamtibmas Hadiri Rapat Realisasi Anggaran Desa Sari Mulya Tahun 2017

Polrestebo.jambi.polri.go.id, Rimbo Ilir –  Pemerintahan Desa Sari Mulya Kec. Rimbo Ilir Kabupaten Tebo telah menggelar rapat Realisasi Pemerintahan Desa Sari Mulya Tahun 2017 yaitu PAD, Dana Desa, Alokasi Dana Desa serta Dana Bagi Hasil. Selain Bhabinkamtibmas Desa Sari Mulya Brigpol Hotler Panjaitan, kegiatan rapat ini juga dihadiri oleh selurh unsur stakeholder Desa Sari Mulya dan masyarakat sekitar, Jumat (26/1/18).

Kehadiran sosok Bhabinkamtibmas ditengah kegiatan seperti ini sudah hal lazim. Pasalnya Bhabinkamtibmas pada saat ini, dalam tugasnya selain menjaga keamanan juga di libatkan dalam pengawasan penggunaan Dana Desa. Hal ini sesuai dengan Nota Kesepahaman yang di tanda tangani oleh Kapolri Jendral Tito Karnavian, Mendagri Tjahjo Kumolo dan Mentri PDT Eko Putro Sandjojo tentang pencegahan dan pengawasan Dana Desa. Dijelaskan dalam nota kesepahaman tersebut, dalam pengawasan penggunaan dana desa melibatkan anggota Polri khususnya Bhabinkamtibmas yang ada di setiap desa.

Kardiyanto atau kerap disapa Mas Boy yang merupaka  Kades Sari Mulya saat dikonfrimasi membenarkan kegiatan tersebut. Pihaknya menuturkan bahwa dalam pembahasan tentang penggunaan Dana Desa kehadiran Bhabinkamtibmas memang sudah menjadi kewajiban karena memang tugasnya sebagai pengawas.

“Karena sudah menjadi tugasnya sebagai pengawas, kehadiran Bhabinkamtibmas dalam rapat realisasi anggaran ini memang sudah menjadi kewajiban,”ujarnya.

Sementara itu, Menurut Bhabinkamtibmas sendiri, bahwa selama ini hubungan kerja dengan pemerintahan Desa Sari Mulya cukup sangat baik terlaksana, apalagi keterbukaan informasi seputar perjalanan penggunaan anggaran itu cukup jelas dan mengikuti aturan prosedur.

“Terpantau hingga sampai saat ini penggunaan Dana Desa Sarimulya sesuai dengan prosedur dan kebutuhan Desa,”sebut Hotler.

“Hal ini juga kami jadikan moment yang baik untuk menyampaikan himbauan dan ajakan kepada masyarakat untuk aktif dalam kegiatan siskamling,”sebut Hotler lagi.

Sementara itu, Kapolsek Rimbo Ilir Iptu Panji Lazuardi saat dikonfirmasi di tempat terpisah membenarkan hal tersebut. Pihaknya menuturkan bahwa sudah menjadi program dan tugasnya Bhabinkamtibmas dalam mengawal dana desa.

“Selain ikut mengawasi, para Bhabinkamtibmas juga di tuntut untuk melaporkan apa saja yang sudah dilakukan dalam penggunaan dana desa yang laporanya langsung kepada Kapolda Jambi,”tegas Iptu Panji.

(HT. Panjaitan)

Publish  : DSM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *