Bersama Bhabinkamtibmas, Join Tebo Ajak Saka Bhayangkara Perangi Hoax

Polrestebo.jambi.polri.go.id, Rimbo Bujang- Maraknya informasi dan berita hoax yang di unggah atau posting di media sosial (Medsos) sepeti facebook dan lainnya yang berisikan pesan tulisan maupun gambar yang tidak jelas sumbernya,  bahkan pesan postingan tersebut berupa hujatan maupun ujaran kebencian yang berdampak meresahkan publik. Terkait maraknya berita hoax tersebut, Dewan Pimpinan Daerah Jurnalis Online Indonesia (DPD JOIN)  Kabupaten Tebo mengajak generasi muda untuk ikut aktif memerangi berita hoax yang dapat meresahkan masyarakat.

Hal tersebut dikatakan oleh Amir Said Pengurus JOIN Tebo, pada saat sebagai Pemateri dihadapan anggota Saka Bhayangkara Ranting Polsek Rimbo Bujang,  bertempat di Aula Mapolsek yang dihadiri Kanit Binmas Aiptu Marfn, Kepala Biro Bungo Surat Kabar News Publik Surya Iman Jawoto dan lainnya, Sabtu (23/2/2018).

Sekretaris DPD JOIN Kabupaten Tebo Amir Said yang juga pembina HAJAR pada paparannya, generasi muda umumya dan anggota Saka Bhayangkara khususnya harus ikut aktif memerangi berita hoax yang dapat meresahkan masyarakat. Untuk merangi berita hoax tentunya anggota Saka Bhayangkara harus memiliki pengetahun tentang Pers maupun Media yang ada di Indonesia. ” kata Sekretaris JOIN Tebo.

Dikatakannya, anggota Saka Bhayangkara harus mengetahui berita yang benar hasil produk Media Cetak , Online maupun Elektronik karena Media ini mempunyai payung hukum yakni UU No 40 Tahun 1999 dan mempunyai izin operasional. Sedangkan Media sosial (medsos) seperti pacebook dan sejenisnya tidak ada payung hukumnya tidak dilindungi Oleh UU Pers, mirisnya lagi Media sosial ini dimanfaatkan oleh orang yang tak bertanggung jawab dengan memposting atau mengunggah hujatan ujaran kebencian .

“Saya minta kepada anggota Saka Bhayangkara  maupun masyarakat untuk bijak dalam mengkonsumsi informasi atau berita, jangan mudah menerima berita hoax yang tidak jelas sumbernya. Anggota Saka Bhayangkara harus menjadi pelopor dimasyarakat, untuk meluruskan informasi atau berita mana yang hoax dan mana yang benar. ” imbuh Amir.

Sementara, Kapolsek Rimbo Bujang Iptu Rezka Anugras, mengatakan, pihaknya mengucapkan terima Kasih kepada Pengurus DPD JOIN Kabupaten Tebo yang sudah menjadi pemateri tentang media kepada anggota Saka Bhayangkara Ranting Polsek Rimbo Bujang.

“terima Kasih, kita harapkan kerjasama JOIN Tebo dengan Polsek seperti ini terus berlanjut. Mengingat di era informasi digital pada saat sekarang ini penyebaran berita hoax terus marak yang membahayakan bangsa dan Negara. “ucap Kapolsek

(Roy)

Publish  : DSM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *