Awasi Penggunaan Dana Desa, Bhabinkamtibmas Tebo Tengah Lakukan Pemeriksaan

Polrestebo.jambi.polri.go.id, Tebo – Polri bersama Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, serta Kementerian Dalam Negeri telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) mengenai pengawasan penggunaan dana desa beberapa waktu lalu.

Dalam kerja sama tersebut, Menteri Eko meminta pihak kepolisian untuk mengawasi proses serta mengajak masyarakat untuk turut serta mengawasi dana desa. Ia juga menegaskan bahwa setiap desa wajib memasang baliho terkait rencana dan realisasi dana desa.

Dengan adanya kerjasama MOU tersebut, Kapolri mebebankan pengawasan tersebut dari tingkatan Kapolsek hingga Bhabinkamtibmas yang nota bene nya sebagai ujung tombak Polri. Kapolri juga menegaskan bagi anggotanya untuk tidak sedikitpun ikut bermain dalam penggunaan dana desa tersebut, karenea pihaknya akan memberikan sangsi berat bagi anggotanya yang terlibat ikut bermain dalam penggunaan dana desa.

Menanggapi hal tersebut, Bhabinkamtibmas Polsek Tebo Tengah Bripka Afrizal sandra melaksanakan sambang desa Pengecekan Dana Desa(DD) di desa binaanya Teluk Pandak kec.Tebo Tengah, Rabu(25/10). Selain menyambangi, pihaknya juga memeriksan dan meminta data terkait penggunaan anggaran dana desa baik yang masuk ataupun yang keluar dari kas desa.

“Karena kita sudah ditugasnya ikut mengawasi, semaksimal mungkin kita mencegah adanya timbul aksi penyelewengan dalam menggunakan anggaran desa,”sebut Bripka Afrizal Sandra.

Hal senada juga diungkapkan Kapolsek Tebo Tengah Iptu Gazali saat dikonfirmasi di tempat terpisah, dimana pihaknya juga menekankan kepada personilnya untuk benar-benar mengawasi penggunaan dana desa dan melarang anggotanya agar tidak ada yang terlibat dalam penyelewangan penggunaan dana tersebut.

“Kami juga memerintahkan anggota khususunya Bhabinkamtibmas untuk melakukan pengawasan secara melekat terhadap desa-desa nya untuk mencegah adanya aksi penyelewangan dana. Selain itu kami juga menekankan kepada anggota agar tidak ada yang terlibat penyelewengan dalam penggunaan dana anggaran tersebut karena jika ketauan akan diberikan sanski berat atau pecat,”tutup Kapolsek Tebo Tengah.

Publish  : DSM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *